Selasa, 10 Februari 2015

Manakah yang paling kau kenang ?

Bismillaah ..

2 minggu ini ada beberapa orang di sekitar hidupku yang meninggal ..
ya, di sekitar hidupku .. karena aku tak mengenal mereka secara langsung ,,


Senin, 17 Juni 2013
Kabar pertama kuterima malam hari ketika sedang melakoni pekerjaan emak2 rumahan..
sedang sang aLbiy sibuk sndiri di teras mencuci motor, sayup2 kudengar suara seorang tetangga memberitakan bahwa si Fulan telah meninggal barusan. dan jenazahnya sdg dalam proses pemulangan dari RS. bergegas aLbiy menyelesaikan pekerjaannya dan segera ikut membantu persiapan2 di rumah Fulan.
tinggallah aku di rumah sendirian.
sambil mempercepat gerakan memberesi ini itu yang tampak berantakan.
sambil memikirkan banyak hal tentunya,,
tentang aku, tentang suamiku, tentang si Fulan .. dan ttg kematian ..
"Setiap yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian bukan ??"
berlalu lah malam itu dengan menjadi tetangga yang baik bagi keluarga yang sedang berduka hingga proses pemakaman esok harinya ..
yah, para tetangga berduyun2 dengan rela hati meninggalkan malam yang nyenyak hingga menjelang shubuh untuk tetap menunujukkan rasa turut kehilangan pd tetangga kami tersebut.
karena yang meningal adalah anak bujangnya yang masih berumur 20an ..
ia meninggal setelah hampir 1bulan dirawat di ICU RS dekat rumah *yang pastinya terkenal sbg RS golongan atas* terlintas banyak pikiran, selain penyakit yang menimpanya juga biaya pengobatan yang pastinya cukup u/ membeli rumah..
rasa sedih - kasihan - ketakutan *akan umurku sndiri* - dan lain sebagainya bercampur menjadi satu ..
mengingat umurku yang sudah 23tahun, berarti Allah sudah memberiku waktu 3 tahun lebih banyak darinya untuk ku bisa menikmati dunia dan ... mengamalkan amalan yang tentu sudah banyak yang kulupakan padahal Allah tak akan lupa dan tetap mencatatnya. :(

Senin, 24Juni 2013
Seminggu berlalu, aku harus mengunjungi ayah karena beliau kecelakaan.
Alhamdulillaah hanya kaki beliau yang lebam2 dan terluka namun tak parah.. -syafakallaah, semoga Allah segera menyembuhkannya dan menjadikan penyakit beliau sebagai penggugur dosa2-
mengunjungi ayah, juga berkumpul dengan kakak2 dan para keponakan adalah hal menyenangkan yang tak terjadi setiap hari. suasana yang akan sangat dirindukan seorang anak stelah berrumah tangga.
# yah, stelah berrumah tangga, akan ada masa dimana berkumpul dengan keluarga besarmu sendiri adalah suatu hal yang sangat kau rindukan.
oke, setelah makan-makan berhaha-hihi aku dengan team (kakak pertama, kakak kedua, kakak ketujuh lengkap dengan smua anaknya tanpa suami masing2) berpamitan pulang.
Karena harus mengantar kakak ke-7 ke rumahnya di gresik, dan sudah sangat larut malam untuk mengantarku ke Wage, maka sepakat aku harus menginap di rumah kakak pertama.
dan akupun segera mengkonfirmasikan ke albiy.
hmmm.. dan beliau menjawap bahwa mama-papa-albiy sedang takziah ke rumah tetangga yang meninggal. seorang bapak yang sudah sepuh, aLbiy mengenalnya krn sama2 sering ke masjid.
dan, beliau meninggal setelah (qodarullah) makan makanan yang beliau beli untuk istrinya namun istrinya tdk sberapa doyan. dan mendadak bapak tersebut sakit, lalu dilarikan ke RS yang jauh dari tempat kami tinggal. karena RS tsb penuh, bapak tsb pun dilarikan ke RS lain yang lebih jauh.
#padahal dekat perumahan kami juga ada RS. *yah mgkn alasan td itu, RS menengah atas*
beliau pun akhirnya dirawat di ICU namun meninggal beberapa jam kemudian. :(
Jika Allah memberi ku umur sepanjang bapak tersebut, amal apa sajakah yang akan kupersiapkan menghadap Nya ?
bukankah pertanyaan Kubur itu nyata ? bukankan Adzab dan Nikmat Kubur benar adanya ??
beberapa saat aku terdiam di mobil - menerawang dan mendoakan orang-orang yang kucinta ..

Selasa, 25Juni 2013
Alhamdulillaah setelah semalam nginep di rumah kakak pertama, ba'da dhuhur dijemput albiy ..
sampe rumah istirahat dll ..
sekitar ba'da ashar, buka2 grup bb ..
innaalillaahi wa inna ilaihi roji'uun ,,
baca postingan ust. muhammad sholeh umry kalo ust. ibnu saini meninggal dunia barusan ..
yap,, ust Ibnu Saini adalah wali kelasku di grup Takhossus bahasa Arab jarak jauh via Blackberry.  
beliau meninggal ketika menghadiri Dauroh masyayikh di Trawas. padahal rumahnya di jakarta.

 Dari Abu ‘Azzah berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Allah -Tabaraka wa Ta’ala- jikalau ingin mencabut ruh (mencabut nyawa) seorang hamba di sebuah tempat, maka Allah memunculkan keperluan baginya di tempat tersebut!”. 
(Hadits Shahih; Musnad Ahmad: 14990).

laa haula wa laa quwwata illaa billaah..
dan ketika meninggal,beliau dalam keadaan sedang shooting ceramah singkat untuk radio dn tv rodja.
 dimana setelah membacakan sebuah ayat, beliau belum sempat membacakan artinya.
daan beliaupun jatuh tersungkur secara perlahan..
semoga beliau dalam keadaan ikhlas disaat-saat terakhirnya. sehingga Allah memberi balasan berupa surga.. aamiin .
karena beliau sedang dalam acara dauroh Masyayikh (semacam diklat khusus u/ para ustadz dengan pematerinya adalah Syaikh-Syaikh dari Saudi ) maka tentulah pengurusan jenazah dilakukan di tempat tersebut. daaannn ... yang hati ingin menangis adalah..
yang mensholatkan Jenazah beliau adalah para ustadz dan tentunya para Syaikh pemateri. 
maasyaa' Allah - laa haula walaa quwwata illaa billaah ..
amal apakah yang mengantarkan beliau sehingga bisa menutup usia dengan sebaik itu ?
bahkan Allah pun memilihkan para ustadz dan syaikh-syaikh yang mensholatkan beliau.

Langsug jari telunjuk menunjuk ke kening sendiri.kau . yah kau. kau yang katanya terharu. kau yang sedang menulis kisah nyata ini ...bagimana engkau menjaga hari-harimu ? apa yang engkau persiapkan untuk penutup usiamu ? 

========================================================================

2 tahun berlalu dan tulisan ini msih di draft .
meskipun kisah ini sudah lama, namun smoga bisa menjadi penyemangat untuk segera beramal Shalih 


Rabu, 26 Juni 2013

Pengen Belajar - Belajar - dan bisa istiqomah Mengamalkan

Bismillaah..



Nikmatnya bisa berbahasa Arab ituu ..

bukan ketika berkenalan di bandara,


atau menanyakan keperluanmu pada petugas hotel


bukan pula ketika mendapat harga termurah ketika menawar barang di toko2 sekitar Nabawi ..
tapii ..

Kebutuhan dan kenikmatan itu akan kau rasakan ketikaa..

engkau mengetahui apa yang membuat sang imam menangis sesenggukan
dalam qunut sholat witirnya ..

atw memahami isi Khutbah Jumat yang disampaikan Khotib masjidil Harom ..

*percayalah!*








# merana :( 
belum mahir b.a walau seujung kuku 

Sabtu, 17 November 2012

my FathSan

AlhamdulillaahiLLadzii Bini'matihii TathimmusShoolihaat


Jika belum memahami 
Bahwa kau telah mebuatku Jatuh Hati..

Bilakah kusampaikan padamu,
Hati ini tersiksa menanggung Rindu *


---------------------------tet.teett-------------------------------
kayak jaman muda aja, setiap rasa dilukiskan melaui puisi :D


*Lagi kangen berat sama 2 krucils yg cerdas dan super sanguinis -masya Allah-

Fathimah Rahma Zubaidy
Syania Hisam Bajree



Jika kalian iseng cari nama kalian di google, pasti akan menemukan catatan kecil ini ;

" Nak, Belajarlah yang Sungguh-Sungguh 
jadikan perjalanan hidup kalian dimasa muda ini sebagai pelajaran,
supaya perjalanan hidup selanjutnya lebih membahagiakan dan senantiasa disertai rasa Syukur.
Alloh memberi Ujian kepada Hamba Nya sesuai dengan kemampuan masing-masing,
maka Jika kalian merasa sangat berat untuk menanggung beban,
Percayalah, Kalian adalah orang yg kuat sehingga Alloh memilih Kalian untuk Menjalaninya. "

" Bertaqwalah kepada Alloh, sebagaimana yang telah kalian ketahui..
Seorang Hamba dimasukkan ke Jannah karena Rahmat Alloh 
dan dimasukkan ke Neraka karena Keadilan Alloh
Maka dengan Bertaqwa serta Beramal Shalih dengan sebaik-baiknya lah Semoga Alloh memberi kita Rahmat pada yaumul Hisab kelak "


~ Nasihat untuk diriku sndiri - smoga senantiasa bisa menjaga Amal Shalih
 serta memohon Ampunan atas segala Khilaf di masa lampau - 
dan untuk kalian pembaca semoga berkenan mejadikannya Nasihat yang bermanfaat ~




Kamis, 01 November 2012

Want to have



www.vivilospazio.it

Very Very Very Inspiring .








# colek colek abank    :D




Sabtu, 21 April 2012

Binatang yang Tidak Boleh Dibunuh

Hari ahad gini rata2 kalo pagi setiap radio memiliki acara tersendiri untuk anak - anak..
kalo Radio ROdja, durasinya agak lama..
pindah channel ke Radio Al-iman, masih muter Murottal..
lompat ke Radio Hang Batam, eh acara anak kecil juga..

tapi uniknya di Radio Hang ini, Hostnya juga anak kecil.. jadi senyum2 sndiri dengerinnya..
soalnya masih terkesan membaca. dan Intonasinya itulho.. hihihi.. (silakan simak sndiri ya)

alhamdulillaah, ketika mendengarkan, jadi bertambah ilmu baru dan terjawablah pertanyaanku dalam hati selama ini..

yap, "Hewan Apa sajakah yang Tak boleh Dibunuh?"

si Host cilik membagikan ilmu tersebut. Apa sajakah itu?
Berikut Rangkumannya :

1. Katak --> dilarang Memakan Katak Sekalipun dijadikan Obat apalagi Membunuhnya ..
2. Semut --> a. Rosululloh Melarang seorang Sahabat yang Membakar sarang semut karena ada yang Mengganggunya. Rosululloh Bersabda, kalo diganggu semut, Bunuh saja 1 Smut yang telah Mengganggumu..

3. Tawon --> karena Madu yang dihasilkan oleh Hewan ini

4. Burung Hud-Hud

5. Burung Shurad

Subhanalloh.. tenyata setelah googling, burung Hud-hud keren banged bentuknyaaa...

disini : Googling Gambar Burung Hud- Hud

kalo Burung Shurad disini : Googling Burung Shurad

Burung SHuradnya juga ndak kalah kerennya ;)


Gimana Hadits Lengkapnya,, googling lagi yaa..

Baarokallohufiykum Pembaca Setia ku :D

Jumat, 16 Maret 2012

Disuap dengan Tanaman Bunga

aLhamdulillaah, rumah yang kini aku huni, terdapat sedikit lahan untuk bercocok tanam. ya, di teras rumah yang agak besar..
ketika Papa baru membeli rumah ini, beberapa pohonnya dipangkas habis, yang disisa hanya pohon Mangga dan Jambu.
ketika rumah ini aku huni, Pohon Jambunya malah mati. daunnya rontok tak kunjung tumbuh lagi.

beberapa bulan ditempati, tanah depan rumah tampak sangat gersang. namun tumbuhan liarnya maasyaa Alloh, tumbuh sangat subur. karenanya, Pak Sari -suami Bu Sari, yg bantu bersih2 d rumah- harus membersihkan tanaman liar itu sebulan sekali.

Karena dalam beberapa bulan ini kerjaan suami sangat numpuk, alhamdulillaah full order.. sampai2 tidurpun baru bisa jam 6 pagi dan bagun 3 jam setelahnya.

alhamdulillaah, setelah satu persatu order bisa diselesaikan, dan mulai berkurang beban jiwa -halah- ,, suami mulai bergerak mengurusi tanah depan rumah.

pertama-tama, suami menanam cabe, tomat dan entah apalagi..
smua ditata sedemikian rupa ditaruh di bekas aqua gelas. dannn..
jadilah tiap bangun tidur, kluar dari kamar, langsung menuju tanamannya tadi. huaaa ..
bertahap membeli pupuk, tanaman di pot kecil, biji-biji sayuran, dan tanaman berbunga ..
alhasil, beberapa hari ini lebih sering mengurus tanaman.
dan tak ada hari tanpa kalimat,
"jenk, bibit yang kmaren udah tumbuh lho"
"Jenk Cabe Panjang ku udah besar, cepet ya"
- aLbiiyy,, itu namanya bukan cabe panjang, tapi cabe BESAR ?! -
"Jenk, bayemnya kasian kerendam air hujan kmaren"
"Jenk, sbelah sini buat bayem ya"
"Jenk, beli pupuk ya" tet teeettt teeetttt dan sederet lainnya :)

Sebenarnya dari kmaren sudah tak sabar ingin beli pupuk..
tapi apadaya, kami sedang tak memegang uang tunai. dan ketika sore hari, stelah mengantar saya mengajar, eh diam-diam beli pupuk langsung ditaruh rumah.
padahal sore itu beliau harus keliling banyak urusan. padahal jauhnya dari ampel ke waru maasyaa Alloh.. manalah ada saya hendak marah ? :D
padahal, pulsa sedang kosong * untuk keperluan bisnis. dan seminggu batuk juga tak segera beli obat.

"Jadi pupuk Lebih penting dari obat batuk dan pulsa ya aL?" tanyaku di jalan
"hehe, iya.. lah salahnya aku nggak boleh beli pupuk tadi, eman itu jenk, kurang dikit" -whatt??-

dan sepagi ini, disaat pulsa belum beli, beras habis, batuk masih tp tak kunjung beli obat.. makan dilalui dengan bikin helatimie,
habis makan semangat 45 ke ATM ambil uang lagi untuk beli P U P U K . hallooo??

dan sampe rumah, dengan senyum2 nurunkan pupuk 3 kantong dan tanaman2 lagi, "ini jenk tak beliin khusus untuk istriku. tanaman ini banyak bunga" ..

* hyaa.. tak kira beras, chitato atau bawa lauk apa..

*ternyata aku disuap dengan tanaman bunga :D

Kamis, 08 Maret 2012

Telorpun Punya Cerita

Alhamdulillaah..

Setelah sekian lama tak bersua, akhirnya 2 sahabat saya (Sylvia Marsudingtyas dan Indah Hanifah) mengunjungi rumah baru saya.
Maasyaa Alloh.. senang nya rasa hati :D

Kemarin ketika Jenk Nina (sahabat saya yang satunya) ke rumah untuk belajar bersama, saya dapet ide untuk bikin creme brulee untuk suguhan, karena ujung2nya kami selalu mbahas makanan..
hehe, dannn.. seolah mendapat dorongan kuat, pulang ngajar langsung beli bahan Creme Brulee..

Pagi2 sambil menunggu kedatangan kedua tamu, bahan2 yang udah dibeli mulai diublek..
Ketika memisahkan antara kuning telur dari putihnya, tiba-tiba keinget kenangan masa awal nikah..
hihi, bahkan untuk memecah telur dan menuang ke wajan aja saya tiak bisa melakukan dengan sempurna. malah suami saya yg jago.. subhanalloh..
jadilah tiap kali bikin ceplok telor selalu dulit-dulit suami.. hehe
Begitupun ketika awal punya HappyCall.. suami sayalah yang pertamakali sukses goreng telor tanpa minyak.. sedangkan saya,,, sampe ruwet mikirnya. :D

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, sayapun tak kalah mahir dari suami dalam hal perteloran . hehe

::Telor pun Punya Cerita ::